Tips Perawatan Wajah Remaja agar Tidak Berjerawat

Bagi remaja, jerawat yang tumbuh di wajah merupakan problem besar yang bisa dipikirkan sepanjang malam dan bahkan berhari-hari. Segala tips perawatan wajah untuk membersihkan jerawat pun bakal dicoba untuk mengenyahkan benjolan di muka itu. Maklum saja, dunia remaja adalah dunia gaul yang menuntut kesempurnaan penampilan. Jika wajah kita mengalami masalah, maka percaya diri remaja bakal hilang. Akibatnya jadi malu bertemu teman dan pacar.

tips perawatan wajah

(c) shutterstock.com

Penting diketahui kalau jerawat itu muncul karena pori-pori di kulit tersumbat sebum, jenis minyak yang melumasi kulit dan rambut. Seperti apa yang dilansir laman kidshealth.org dikatakan bahwa di usia remaja, kulit wajah gampang kelebihan sebum. Itu sebabnya banyak remaja yang berjerawat, terutama di bagian dahi, hidung dan dagu. Jadi tak perlu khawatir apalagi sampai stres, sebab ini merupakan hal yang normal. Yang penting kita bisa merawat wajah secara alami, maka kemungkinan besar jerawat tak akan muncul di wajah kita. Bagaimanakah perawatan wajah alami untuk menangkal jerawat?

Cara merawat wajah secara alami

Pastikan kita selalu mencuci wajah dua kali sehari. Tidak boleh kurang atau lebih. Saat yang tepat untuk mencuci wajah adalah saat bangun tidur dan sebelum tidur. Gunakan air hangat dan sabun ringan untuk mencuci wajah. Pijat lembut dengan gerakan melingkar. Jangan terlalu keras sebab dikhawatirkan dapat menyebabkan iritasi pada kulit. Selain itu, pastikan tangan kita bersih sebelum menyentuh muka. Tujuannya untuk menghindari bakteri yang menempel di tangan kemudian menempel di wajah. Itu bisa menjadi sebab timbulnya jerawat. Lalu, cara merawat wajah secara alami bagi yang mengenakan kacamata, pastikan untuk membersihkan bagian di sekitar mata dan hidung. Agar minyak tidak menyumbat pori-pori di bagian tersebut. Juga penting untuk menghapus make up di muka kita sebelum tidur. Agar pori-pori di wajah dapat “bernafas” dengan lega.

Kalau sudah telanjur wajah berjerawat, coba tips perawatan wajah dengan melakukan hal di atas. Sambil menghindari untuk memencet jerawat sebab dikhawatirkan terjadi infeksi lebih lanjut yang akhirnya bisa menyebabkan pembengkakan di kulit wajah. Biarkan jerawat sembuh dengan sendirinya. Atau bila kita tak tahan, kita bisa datang ke dokter untuk mendapatkan pengobatan jerawat.(Ayla/Idr)


DMCA.com Protection Status