Tips Puasa Untuk Wanita Hamil Agar Bayi Sehat Dan Puasa Lancar

Bunda, jangan cemas lho saat bulan ramadhan dan bunda sedang menyusui. Meski telah diberi keringanan untuk mengganti puasa di bulan lain (qadha) atau membayar fidyah, para muslimah yang sedang hamil tentu lebih memilih untuk menjalankan ibadah puasa wajib di Bulan Ramadhan. Lantas, bagaimana dengan ibu hamil yang mesti ‘menyerap’ gizi lebih banyak dari wanita biasa? tips puasa untuk wanita hamil berikut bisa diterapkan demi menjaga buah hati tetap sehat walaupun tubuhmu tidak diberi makan dan minum selama lebih dari setengah hari.

tips puasa untuk wanita hamil

(c) shutterstock.com

Bunda, waktu sahur dan berbuka adalah amunisimu

Bunda, penuhi asupan gizi dan cairan yang dibutuhkan pada waktu sahur dan berbuka. Kebutuhan zat gizi bumil berbeda sesuai trimester kehamilan. Pada trimester pertama (usia kehamilan 1-12 minggu), janin sedang berada dalam masa pembentukan organ-organ tubuh dan terutama butuh vitamin B kompleks (B1, B2, B3, B6, B12). Vitamin B kompleks tersebut digunakan untuk proses metabolisme janin dan vitamin B12 terutama untuk pembentukan sel-sel darah merah karena jumlah darah wanita meningkat saat hamil. Jangan lupa juga untuk memenuhi kebutuhan zat besi dan asam folat untuk perkembangan jaringan saraf. Bahan makanan yang bisa memenuhi zat-zat tersebut yaitu segala jenis sayur (terutama bayam, wortel, brokoli), buah-buahan, ikan, telur, serta gandum dan kacang-kacangan.

Di trimester dua (minggu 13-28), kebutuhan kalori bumil meningkat 300 kkal dan diharuskan naik berat badan setidaknya 0,5 kg per minggu. Perlu terus banyak makan buah dan sayur saat sahur dan berbuka agar tidak sembelit. Konsumsi garam beryodium untuk menunjang perkembangan janin, tapi tetap batasi ya, agar kaki dan tangan tidak membengkak. Trimester tiga pun demikian, butuh tambahan kalori sebesar 300 kkal untuk pertumbuhan janin dan plasenta lebih lanjut. Kebutuhan kalori yang bertambah itu bisa diatasi dengan tambahan makan saat setelah sholat tarawih. Air putih juga harus cukup agar ibu dan janin tidak kekurangan cairan.

Baca juga :

So, Bunda, lanjutkan saja puasamu asal jangan lupa untuk makan makanan yang memenuhi zat gizi di atas saat sahur dan buka puasa ya. Bisa juga ditambah susu ibu hamil karena nutrisinya sudah disesuaikan dengan kebutuhan bumil. Itulah cara-cara agar ibu hamil tenang berpuasa. Berpuasa saat hamil tidak akan menghambat kesehatan janinmu, kok.(Ayla/IBW)


DMCA.com Protection Status