Untuk Bisa MEMILIH SHAMPO YANG TEPAT Pahami Dulu Hal Ini

Sponsored Link :

Selamat datang di Aylacream.Com dapatkan info seputar cara memutihkan wajah, menghilangkan jerawat dan komedo, mencegah rambut rontok, mengecilkan perut, dll.

Untuk Bisa Memilih Shampo Yang Tepat Pahami Dulu Hal Ini

Mari kita bahas bersama disini apa yang penting kita ketahui agar bisa memilih shampo yang tepat sesuai dengan jenis kulit kepala kita dan juga jenis rambut kita. Jadi ada 2 hal yang berbeda disini yang harus diperhatikan yaitu jenis kulit dan jenis rambut. Jadi bukan hanya jenis rambutnya saja ya, ok kita mulai pembahasan ini dengan melihat berbagai penawaran yang ada di pasaran saat ini. Banyak sekali produk shampo diiklankan dan dijual di pasaran saat ini, karena banyaknya penawaran dan masing-masing menawarkan keunggulannya masing – masing, hal ini tentu membuat kita semakin bingung dalam memilihnya. Maka timbul pertanyaan, bagaimanakah cara memilih shampo yang tepat ini ?

Didalam sebuah artikel tentang kesehatan rambut khususnya tentang tips dan cara memilih shampo yang tepat pernah ditanyakan demikian, “apakah yang menjadi pertimbangan utama ketika Anda membeli produk shampo ?” apakah jenis kulit kepala kita ataukah jenis rambut kita ? Ada kemungkinan bila survei ini dilakukan secara umum maka mayoritas dari mereka yang menjawab pertanyaan ini akan menjawab bahwa mereka memilih shampo sesuai dengan jenis rambut mereka, mungkin teman-temanpun juga akan menjawab demikian bukan ? Padahal, menurutseorang ahli dibidang kesehatan rambut dan kulit kepala dr Dewi Inong Irana Spkk beliau menyampaikan bahwa dalam hal memilih produk shampo ini ada baiknya jangan hanya melihat dari jenis rambut kita saja. Tetapi, penting juga untuk tetap menyesuaikan dengan jenis dan “kondisi” kulit kepala.

memilih shampo yang tepat

Melanjutkan artikel tentang cara memilih shampo yang tepat ini penting untuk sama-sama kita ketahui bahwa rambut kita ini ibaratnya seperti tanaman yang kita tanam di tanah. Kalau kondisi tanahnya ternyata tidak baik atau tidak subur maka tentu tanaman yang berada disitu juga tidak akan tumbuh subur. Oleh karena itu maka, ketika kita memilih produk shampo ada baiknya tetap memperhatikan kulit kepala kita, karena rambut ini “menggantungkan hidupnya” dari kulit kepala. Itulah kenapa dalam kita memilih shampo, perlu untuk secara serius dan benar – benar memperhatikan dari jenis kulit kepala kita juga dan bukan hanya dari jenis rambut saja. Pada dasarnya secara umum memang jenis rambut akan mengikuti jenis kulit kepala teapi bisa saja pada beberapa kasus jenis rambut ini akan berbeda dengan kondisi jenis kulit kepala. Sebagai contoh misalnya rambut yang kering, teapi kulit dari kepalanya berminyak. Hal ini kemungkinan terjadi dikarenakan adanya perlakuan yang kurang tepat pada rambut. Dimana diantaranya adalah karena rambut yang sering dikeriting atau bisa juga karena terlalu sering di hairdryer. Oleh sebab itu maka seperti yang disampaikan oleh dr Dewi, dimana beliau mengingatkan supaya jangan salah dalam memilih shampo ini karena nanti bisa berdampak buruk.

Cara memilih Shampo Yang Tepat

Sebelumnya sangat penting bagi kita untuk mengetahui tentang beberapa hal ini, yaitu fungsi pokok dan utama dari shampo, jenis kulit kepala dan juga jenis rambut kita untuk bisa memilih shampo yang tepat untuk kita pakai sehari-hari,

Fungsi utama dari shampo

Jika dilihat dari fungsi pokok dan utama dari shampo ini adalah untuk membantu membersihkan rambut kita dari kotoran dan juga minyak, dan bukan berfungsi untuk melembabkan atau juga melindungi warna dari rambutkita. Oleh karena itu maka dalam pembuatan shampo ini hanyalah mengandung dua jenis bahan, yakni detergent dan kondisioner.

  • Deterjen ini adalah kandungan pokok utama dari shampo. Bahan inilah yang membuat shampo jika kita pakai jadi berbusa setelah ditambahkan air. Deterjen ini menurut beberapa sumber juga sangat berguna untuk membantu mencegah kerusakan pada rambut dan mencegah rambut jadi kering. Sebagian besar shampo ini mempunyai bahan dasar deterjen yang ditambah dengan penstabil kimia, kemudian pengawet, dan juga pelembab yang aman bagi rambut dan kulit. Tetapi dalam perkembanganya, saat ini banyak sekali deterjen yang dianggap mengandung bahan kimia yang membahayakan. Sebagai contoh salah satunya adalah cationic, dimana bahan kimia ini dapat menyebabkan iritasi mata (menurut beberapa sumber).
  • Sedangkan kondisioner itu sendiri adalah merupakan bahan pelengkap dari shampo yang padanya mengandung pelembab. Pelembab pada kondisioner ini dihasilkan dari lactroserum. Sedangkan kandungan hydrolyzed keratin yang ada pada kondisioner mempunyai kemampuan untuk membantu memperbaiki rambut yang rusak. Kondisioner dengan pH 2,5 – 3,5 bisa membuat rambut kita menjadi tampak berkilau. Bagi kita yang sering menggunakan hairdryer disarankan guna memilih kondisioner yang ada mengandung Thermal prefix. Ada juga produk shampo yang didalamnya ditambahkan bahan-bahan lainnya. Tetapi hal itu lebih ditujukan hanya untuk membantu menjadikan tampilan dari rambut lebih cantik. Bahan yang ditambahkan ini umumnya tidak begitu berpengaruh besar terkecuali jika yang kemudian ditambahkan ini adalah henna atau juga urang-aring.

Silahkan dicatat dulu hal ini sebagai bahan utama dalam cara memilih shampo yang tepat sebelum kita lanjutkan tentag jenis kulit kepala dan jenis rambut dibawah ini.

Jenis kulit kepala

Setelah kita sedikit mengetahui tentang kandungan yang ada dalam shampo, maka selanjutnya kita coba kenali jenis rambut kita ini. Hal ini sangat penting sehubungan dengan cara memilih shampo yang tepat untuk kita pakai. Dalam hal mengenali jenis kulit kepala kita ini pada dasarnya hampir mirip dengan jenis kulit wajah kita. Yang artinya bahwa jika kulit wajah kita berminyak, maka “biasanya” kulit kepala kitapun juga akan berminyak. Memang dalam perkembangan terbaru saat ini, jenis kulit kepala ini bisa dikenali dan diketahui secara lebih detail dengan menggunakan alat. Tetapi, ada juga beberapa ciri tertentu dimana hal ini bisa kita lihat untuk mendapatkan pendekatan dan mengetahui apakah jenis kulit kepala, berikut adalah penjelasannya,

Kulit kepala berminyak bisa ditandai dengan kondisi rambut yang mudah sekali lepek, terlebih jika kita jarang sekali keramas, bila rambut diraba akan terasa basah dan berminyak dan ini akan tampak ditangan kita selain itu pori-pori di kepala juga besar. Banyak diakui bahwa jenis kulit kepala yang berminyak ini paling banyak bermasalah dikarenakan pada kulit kepala berminyak ini bisa menjadi lahan yang bagus untuk berkembang biaknya jenis jamur Pityrosporum ovale yang merupakan penyebab ketombe.

Kulit kepala kering bisa ditandai dengan kondisi rambut yang tidak gampang lepek, kondisi pori-pori pada kepala kecil dan kering serta terasa bersisik, sering mudah gatal dan juga rambut terlihat kusam. Kulit kepala kering ini biasanya mudah terkelupas tipis, sehingga nanti akan muncul serpihan kecil putih yang sangat mirip ketombe.

Jenis kulit kepala normal ini secara umum tidak terasa berminyak atau juga bersisik, rambut lebih mudah dalam perawatannya dan tidak mudah lepek, serta selalau tampak segar dan cerah.

Selain jenis kulit berminyak, kering dan juga normal, ada juga kulit kepala yang sensitive. Kulit kepala yang sensitive ini bisa timbul karena dipicu oleh pilihan jenis perawatan yang kurang tepat sehingga menimbulkan adanya iritasi kulit yang bisa menyebabkan kulit kepala kita jadi sensitive.

Jenis rambut kita (saat ini)

Selain jenis kulit kepala yang harus diperhatikan dalam memilih shampo yang tepat adalah jenis rambut. Ada empat jenis rambut yaitu

  • Rambut yang normal salah satu ciri-cirinya adalah mempnyai daya elastisitas 20 persen, jika diraba terasa lembut dan juga halus, berkilau atau bercahaya dan relative mudah ditata.
  • Rambut kering memiliki ciri “seperti” bersuara bila dipegang, penampilan terasa kaku, tampak cenderung keihatan berwarna pirang atau kemerah-merahanan, rambut tipis, ada juga yang rapuh, persoalan ujung terbelah, dan sering juga ditumbuhi ketombe, walaupun rambut tampak kusam tetapi tidak cepat kotor.
  • Rambut berminyak sendiri mempunyai ciri khas dimana pertumbuhannya cukup lebat, sangat elastic yaitu bisa mencapai 40-50 persen, tapak selalu basah dan juga lengket, mudah sekali ditumbuhi ketombe, cepat sekali kotor dan terkesan mengkilap.
  • Kemudian rambut rusak, yang ini sebenarnya tidak termasuk dalam jenis rambut yang alami. Tetapi terjadi dikarenakan adanya pengaruh dari luar. Sebagai contoh adalah akibat dari proses kimia seperti halnya pewarnaan, pengeritingan, pelurusan, bleaching, pemanasan dan lain sebagainya. Ciri khas utama dari rambut rusak ini adalah sangat kasar bila disentuh, tidak lagi berkilau atau kusam serta mudah sekali kusut. Persoalan lain pada rambut kering ini adalah adanya rambut bercabang, kemudian susah diatur, tampilan warnanya relatif lebih gelap dan jika rambut diwarnai maka akan cepat pudar.

Tekstur pada rambut juga penting untuk diperhatikan karena tekstur rambut ini juga sangat mempengaruhi pada distribusi minyak yangdihasilkan sebum pada kulit kepala. Sebagai contoh pada sebagian besar rambut ikal ataupun keriting, meski pada bagian akar rambutnya berminyak tetapi biasanya pada ujung batang rambut akan cenderung kering. Hal ini dikarenakan distribusi minyak yangdihasilkan sebum pada kulit kepala tidak bisa merata keseluruh batang rambut. Sementara pada kasus lainnya kulit kepala yang berminyak dengan memiliki rambut yang bertekstur lurus ataupun tipis biasanya akan berminyak mulai pada akar sampai ujung rambut dikarenakan tekstur rambut yang lurus dan juga tipis ini sangat lebih memudahkan untuk mendistribusi minyak yang lebih merata pada seluruh batang rambut.

Demikian artikel yang cukup panjang tentang hal-hal penting yang perlu diketahui untuk membantu dalam memilih shampo yang tepat untuk kita pakai sehari-hari. Semoga bermanfaat dan mohon maaf jika artikelnya terlalu panjang dan tampak membosankan.

Sponsored Link :

loading...

DMCA.com Protection Status