Sponsored Link :

Selamat datang di Aylacream.Com dapatkan info seputar cara memutihkan wajah, menghilangkan jerawat dan komedo, mencegah rambut rontok, mengecilkan perut, dll.

Waspadai Yuk Sakit Punggung Saat Hamil 9 Bulan

Ibu hamil harus waspada sama sakit punggung saat hamil 9 bulan yang dirasain dan gak kunjung sembuh. Siapa lho yang betah sakit punggung lama-lama. Resiko terkena sakit punggung bukan cuman dialamin ama pekerja kantoran yang sering banget duduk dan mandang komputer. Ibu hamil juga punya resiko tersendiri. Sepanjang kehamilan, ibu  hamil yang obesitas mau gak mau harus nahan rasa sakit di punggung. Penyakit yang sering muncul ini kalo dibiarin begitu saja bisa ngerusak kesehatan ibu hamil dan janin di dalam kandungan.

Punggung kerasa sakit banget

Gejala yang paling umum dan bisa diterka dengan mudah saat punggung sakit banget. Dibuat berdiri gak enak, dibuat duduk, punggung malah tambah sakit. Waspada ajah kalo kamu ngerasain hal ini. Kalo kondisi ini udah parah, biasanya ibu hamil juga ngerasain demam.

Kaki kerasa lemah

Meskipun punggung yang kerasa sakit, ternyata gejala ini juga bisa merembet ke bagian kaki. Banyak ibu hamil yang merasa salah satu atau kedua kakinya jadi gak bisa terkoordinasi dengan baik. Kamu merasa kaki jadi lemah dan susah buat digerakin pas jalan. Ada juga yang ngerasain kram atau pegel-pegel di kaki.

Susah buang air kecil dan buang air besar

Jangan mengabaikan sakit punggung saat hamil karena bisa membuat tubuh jadi gak bisa berfungsi dengan baik. Sakit punggung yang segera diobati bikin kamu gak bisa buang air kecil dan buang besar dengan lancar. Stimulan pada bagian selangkangan, pantat, anus dan genital jadi gak kerasa. Beberapa ibu hamil malah gak bisa nahan dan ngendaliin buang air kecil dan air besar. Gak usah heran ya kalo ibu hamil gak sengaja pipis di celana.

Bayi prematur

Bayi yang lahir dengan kondisi prematur ini biasanya lemah. Resiko bayi lair prematur lebih banyak dihadapi ama ibu hamil yang sering sakit punggung ketimbang yang gak pernah sakit punggung. Hati-hati aja kalo kamu ngerasain sakit punggung di akhir trimester kedua dan ketiga.

Infeksi ginjal

Kalo kamu ngerasain sakit punggung di bagian samping atau di bagian bawah punggung bisa jadi ini pertanda kalo kamu terkena infeksi ginjal. Gejala lainnya diikuti ada darah di urin, mual, demam dan muntah. Supaya sakit punggung yang dialami gak merembet kemana-mana, konsultasi dunk ama dokter atau bidan.

Suka dengan artikel Waspadai Yuk Sakit Punggung Saat Hamil? Silahkan sebarkan di fb, twitter dan lainnya. Lihat juga artikel lainnya yang berhubungan dengan hal ini.

Sumber : cintaibu.com

Sponsored Link :

loading...

DMCA.com Protection Status