Yuk di Baca Cara Menghilangkan Rasa Ngantuk Yang Berlebihan

Rasa kantuk sering muncul di saat yang tidak tepat ketika kita sedang bekerja, sekolah atau melakukan aktifitas rutin lainnya. Entah dimana dan kapan terjadinya, setiap orang pasti pernah merasakan sensasi ngantuk ini. Beragam pemicu munculnya rasa ngantuk sebenarnya sudah diketahui banyak orang. Namun, apa dikata, alarm alami tubuh ini tetap saja akan terjadi jika tubuh kita sedang merasa lelah. Kurangnya vitamin dan asupan yang sehat serta beberapa gejala awal penyakit tertentu juga disinyalir sebagai beberapa penyebab timbulnya rasa kantuk tersebut. Nah, ketika sensasi kantuk ini sudah tak lagi dapat dihindari, cobalah 4 metode ampuh sebagai cara menghilangkan rasa ngantuk berikut ini.

cara menghilangkan rasa ngantuk

(c) shutterstock.com

Cara untuk menghilangkan rasa ngantuk

Melawan rasa ngantuk bukan perkara mudah memang, tetapi dari hasil perburuan kami selama ini ternyata ada 3 cara untuk menghilangkan rasa ngantuk yang banyak sekali di rekomendasikan, dan disini kami coba sajikan buat sobat Ayla semua.

Minum minuman mengandung Kafein

Kopi adalah salah satu minuman yang mengandung kafein yang lebih tinggi dibandingkan teh. Minum kopi di pagi hari terutama di antara jam 8-9 pagi dapat mengurangi kemungkinan timbulnya rasa ngantuk berat di sela-sela aktifitas anda di kantor, sekolah, kampus maupun rumah. Selain teh dan kopi, minum coke atau sejenis minuman soda atau berkarbonasi ternyata juga membantu anda membuka mata lebih lama. Hal ini dikarenakan oleh kandungan kafein yang cukup tinggi dalam minuman soda tersebut. Namun, minum terlalu banyak kopi dan soda dalam sehari tidak akan baik untuk kesehatan tubuh anda terutama lambung. Pilihan paling aman sebagai cara menghilangkan rasa ngantuk saat belajar adalah dengan meminum teh hijau. Selain membuat anda tetap terjaga, mengkonsumsi teh hijau setiap hari sangat baik bagi kesehatan anda karena kandungan antioksidannya yang tinggi.

Mendengarkan musik berirama nge-Beat

Cara menghilangkan rasa ngantuk berat yang cukup ampuh yaitu dengan mendengarkan musik kesayangan anda yang berirama nge-beat. Dentuman nada dari musik jenis ini biasanya berhasil mengajak anda untuk ikut bergoyang bahkan ikut bernyanyi. Jenis musik lain yang bahkan dapat mencegah anda untuk tidur adalah musik hardcord atau musik cadas. Tapi jangan memaksakan diri untuk mendengarkan musik cadas ini jika anda memang tidak menyukainya. Kebanyakan orang justru akan merasa pusing setelah beberapa menit mendengarkan musik jenis ini karena teriakan berlirik tak jelas yang dikombinasikan dengan irama metal dan rock.

Alihkan fokus Anda dari pekerjaan untuk beristirahat sejenak

Munculnya rasa kantuk yang berlebihan khususnya diakibatkan oleh rasa lelah pada apa yang anda kerjakan terlalu lama seperti menatap layar komputer dan membaca buku tanpa berkedip. Mata anda juga butuh istirahat, lho! Untuk itu, alihkan fokus anda dari pekerjaan kemudian tinggalkan kursi dan meja anda untuk berjalan-jalan di sekitar ruang kerja atau kantor anda. Carilah tempat dimana anda bisa mencari ketenangan sambil menghirup udara segar dalam-dalam. Mengajak teman untuk mengobrol singkat juga bisa jadi alternatif yang menyenangkan untuk dicoba sebagai cara menghilangkan rasa ngantuk berlebihan. (Ayla/Ver)


DMCA.com Protection Status