Yuk Kita Tengok Cara Menghilangkan Cegukan Tanpa Minum

Kebanyakan orang hingga sekarang hanya tahu bahwa penyebab cegukan adalah kurang minum. Nyatanya penyebab terjadinya cegukan adalah adanya kekejangan pada otot diafragma yang terletak di antara rongga perut dan dada. Timbulnya kejang yang tiba-tiba ini menyebabkan pita suara kita menutup secara tiba-tiba pula, sehingga menjadi penyebab munculnya cegukan. Ada juga yang mengatakan bahwa penyebab cegukan adalah karena adanya udara yang masuk ke dalam kerongkongan. Hal ini biasanya terjadi karena kebiasaan makan sambil bicara dan terburu-buru. Nah, sobat sehat, walaupun kedengarannya sepele, bukan tidak mungkin cegukan menjadi tidak berbahaya, lho! Cegukan sebenarnya dapat menjadi gejala paling awal penyakit-penyakit berbahaya seperti tumor otak, infeksi susunan saraf pusat pada otak dan lainnya. Untuk itu, pentingnya mengetahui penyebab dan beberapa cara menghilangkan cegukan yang aman sangatlah disarankan.

cara menghilangkan cegukan

(c) shutterstock.com

Cara untuk menghilangkan cegukan

Berikut ada 3 cara untuk menghilangkan cegukan yang akan kami sajikan untuk sobat Ayla semua, ini menyambung tulisan sebelumnya tentang 5 cara mudah hilangkan cegukan untuk orang dewasa yang telah kami sajikan beberapa waktu yang lalu, silahkan disimak ya.

Hilangkan cegukan dengan bernapas dalam kantong kertas

Nah, anda pasti sebelumnya pernah menonton beberapa film komedi barat yang menayangkan karakter yang mudah gugup. Biasanya, ketika tidak dapat menahan kegugupan mereka, sesak napas langsung muncul tiba-tiba, sehingga karakter tersebut membutuhkan pertolongan pertama. Kantong kertas adalah pilihan pertamanya. Sama seperti cara mengatasi sesak napas tersebut, mengatasi cegukan dapat dilakukan dengan cara yang sama yaitu dengan menggunakan kantong kertas sebagai alat bantu pernapasan. Lalu, bagaimana caranya? Anda hanya harus meniup dan menghirup udara dalam kantong kertas minimal 10 kali. Pastikan tidak ada udara yang masuk dan keluar dari kantung kertas tersebut dengan memegangi ujungnya menggunakan tangan anda. Ulangi langkah tersebut ketika cegukan dirasa akan kembali lagi. Tahukah anda alasan mengapa bernapas dalam kantung kertas dapat menjadi cara menghilangkan cegukan yang terus menerus? Kadar karbondioksida berlebih dalam darah kita inilah yang dapat menghilangkan cegukan.

Tahan nafas 10 detik bantuk hilangkan cegukan

Menahan napas sekitar 10 detik adalah salah satu cara menghilangkan cegukan tanpa minum. Yang harus anda lakukan adalah menahan napas anda selama 10 detik, kemudian bernapaslah seperti biasa. Lakukan langkah tersebut beberapa kali hingga dirasa cegukan telah menghilang. Cukup sederhana, kan? Cara mengatasi cegukan secara sederhana yang lain adalah dengan memijat lembut langit-langit dalam mulut anda menggunakan jari tangan anda. Pastikan kuku jari tangan anda tidak akan melukai langit-langit dalam mulut anda, sehingga tidak akan ada asalah lain yang timbul seperti sariawan atau infeksi. Biasanya, cara ini berhasil untuk mengatasi cegukan. Coba saja, jika tidak percaya!

Hilangkan cegukan dengan selai kacang

Selai kacang dipercaya dapat menjadi cara menghilangkan cegukan dengan cepat karena tekstur lengket pada selai secara efektif dapat membuat irama pernapasan kita menjadi lebih teratur. Dalam hal ini, anda hanya perlu memakan satu sendok makan selai kacang saja.


DMCA.com Protection Status