Kecantikan

Cara Membuat Masker Kentang

33
×

Cara Membuat Masker Kentang

Share this article

Cara Membuat Masker Kentang

Masker kentang adalah salah satu perawatan wajah alami yang dapat membantu menjaga kulit Anda tetap segar dan bersinar. Dengan kandungan nutrisi yang tinggi, kentang dapat memberikan manfaat yang luar biasa bagi kulit Anda. Berikut ini adalah panduan langkah demi langkah tentang cara membuat masker kentang sendiri di rumah.

Bahan-bahan:

  • 1 buah kentang ukuran sedang
  • 1 sendok makan madu organik
  • 1 sendok teh minyak kelapa
  • Beberapa tetes jus lemon segar

Langkah-langkah:

1. Persiapan Bahan-bahan

Pertama, siapkan semua bahan yang diperlukan untuk membuat masker kentang ini. Pastikan Anda menggunakan bahan-bahan segar dan organik untuk hasil terbaik.

2. Mengupas dan Mengiris Kentang

Kupas kulit kentang dan iris menjadi potongan kecil-kecil. Kemudian, cuci potongan-potongan tersebut dengan air bersih untuk menghilangkan kelebihan pati.

3. Merebus Kentang

Selanjutnya, rebus potongan kentang dalam air mendidih hingga empuk. Setelah matang, tiriskan airnya dan biarkan kentang agak dingin sebelum digunakan.

4. Menghaluskan Kentang

Saat kentang sudah dingin, haluskan potongan kentang dengan bantuan blender atau tumbuk hingga menjadi pasta yang lembut dan tanpa gumpalan. Pastikan tidak ada serpihan kentang yang tersisa.

5. Menambahkan Bahan Tambahan

Tambahkan madu organik, minyak kelapa, dan beberapa tetes jus lemon segar ke dalam pasta kentang yang sudah dihaluskan tadi. Campur semua bahan dengan lembut hingga merata.

6. Menerapkan Masker Kentang

Bersihkan wajah Anda terlebih dahulu sebelum mengaplikasikan masker kentang ini. Gunakan jari atau kuas masker untuk mengoleskan campuran tersebut ke seluruh wajah secara merata, hindari area mata dan bibir.

7. Relaksasi Selama 15-20 Menit

Saat masker sudah diterapkan, bersantailah dan biarkan masker bekerja pada kulit Anda selama 15-20 menit. Dalam waktu ini, bahan-bahan alami dalam masker akan memberikan nutrisi pada kulit Anda.

8. Bilas dengan Air Hangat

Setelah waktu yang ditentukan berlalu, bilas wajah Anda dengan air hangat untuk membersihkan sisa-sisa masker kentang yang masih menempel di kulit.

Tips Tambahan:

  • Sebaiknya gunakan masker kentang ini secara teratur, misalnya seminggu dua kali, untuk hasil yang lebih efektif.
  • Untuk kulit berminyak, tambahkan beberapa tetes jus lemon ekstra ke dalam campuran untuk membantu mengontrol produksi minyak berlebih di wajah.
  • Jangan lupa untuk selalu melakukan tes kepekaan sebelum menggunakan masker kentang ini. Oleskan sedikit campuran di bagian kecil kulit Anda dan perhatikan reaksi apa yang terjadi setelah beberapa menit.

Dengan mengikuti panduan langkah demi langkah di atas, Anda dapat dengan mudah membuat masker kentang sendiri di rumah. Manfaat alami dari kentang akan memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh kulit Anda dan membantu menjaga kelembapan serta kecerahan kulit wajah Anda. Cobalah sekarang dan rasakan perbedaannya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *