Kecantikan

Cara Mencerahkan Kulit Tubuh Dengan Bengkoang

34
×

Cara Mencerahkan Kulit Tubuh Dengan Bengkoang

Share this article

Cara Mencerahkan Kulit Tubuh Dengan Bengkoang

Pendahuluan

Kulit yang cerah dan bersinar adalah impian banyak orang. Salah satu cara alami yang dapat digunakan untuk mencerahkan kulit tubuh adalah dengan menggunakan bengkoang. Bengkoang mengandung berbagai nutrisi dan enzim yang bermanfaat untuk meremajakan kulit. Artikel ini akan membahas secara rinci cara menggunakannya dan manfaatnya bagi kulit tubuh Anda.

1. Mengenal Bengkoang

Bengkoang, atau disebut juga sebagai singkong kecil, adalah umbi-umbian yang tumbuh di daerah tropis seperti Indonesia. Umbi ini memiliki kandungan air yang tinggi sehingga memberikan efek melembapkan pada kulit. Selain itu, bengkoang juga mengandung vitamin C, vitamin B kompleks, serat, dan mineral seperti kalium dan fosfor.

2. Manfaat Bengkoang untuk Kulit Tubuh

Bengkoang memiliki sejumlah manfaat yang baik bagi kesehatan kulit tubuh Anda.

2.1 Mengurangi Produksi Melanin

Bengkoang mengandung enzim tirosinase inhibitor yang dapat membantu mengurangi produksi melanin dalam kulit. Melanin adalah pigmen alami dalam tubuh yang memberikan warna pada kulit kita. Dengan mengurangi produksi melanin berlebih, bengkoang dapat membantu mencerahkan kulit secara alami.

2.2 Memperbaiki Tekstur Kulit

Kandungan vitamin C dalam bengkoang membantu merangsang produksi kolagen, yaitu protein yang bertanggung jawab untuk menjaga kekenyalan dan elastisitas kulit. Dengan meningkatkan produksi kolagen, bengkoang dapat membantu memperbaiki tekstur kulit Anda sehingga terlihat lebih halus dan kenyal.

2.3 Memudarkan Noda dan Bekas Jerawat

Bengkoang mengandung senyawa antioksidan seperti asam fenolat yang dapat membantu memudarkan noda hitam dan bekas jerawat pada kulit. Senyawa ini bekerja dengan cara melawan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel kulit dan menyebabkan penuaan dini.

3. Cara Menggunakan Bengkoang untuk Mencerahkan Kulit Tubuh

Menggunakan bengkoang untuk mencerahkan kulit tubuh tidaklah sulit. Berikut adalah langkah-langkahnya:

3.1 Membuat Masker Bengkoang

Pertama-tama, kupas bengkoang dan cuci bersih umbinya. Kemudian parut atau blender bengkoang hingga halus. Setelah itu, peras ampas bengkoang menggunakan kain bersih untuk mendapatkan ekstraknya.

3.2 Mengaplikasikan Masker Bengkoang

Oleskan ekstrak bengkoang yang telah Anda dapatkan ke seluruh tubuh atau area kulit yang ingin Anda mencerahkan. Diamkan selama 20-30 menit agar nutrisi dalam bengkoang meresap ke dalam kulit dengan baik.

3.3 Bilas dengan Air Dingin

Setelah 20-30 menit, bilas tubuh Anda dengan air dingin untuk menghilangkan sisa masker bengkoang. Air dingin juga membantu menyegarkan dan mengecilkan pori-pori kulit Anda.

Kesimpulan

Bengkoang adalah bahan alami yang dapat membantu mencerahkan kulit tubuh secara efektif. Dengan kandungan nutrisinya yang kaya dan manfaatnya yang beragam, bengkoang adalah pilihan yang baik untuk merawat kulit Anda secara alami. Praktikkan tips di atas secara teratur dan nikmati kulit tubuh cerah dan sehat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *