Info Tips

Hindari Lakukan 5 Hal Ini Ketika Mencuci Muka

27
×

Hindari Lakukan 5 Hal Ini Ketika Mencuci Muka

Share this article

Jangan Lakukan 5 Hal Ini Ketika Mencuci Muka

Mencuci muka adalah kegiatan yang penting dalam rutinitas perawatan kulit kita. Namun, terkadang ada kebiasaan yang salah atau kurang tepat saat melakukan hal ini. Padahal, kesalahan-kesalahan kecil ini dapat berdampak negatif pada kesehatan kulit wajah kita. Agar kamu bisa menghindari kesalahan-kesalahan tersebut, berikut adalah 5 hal yang sebaiknya kamu hindari ketika mencuci muka.

Aguirre Baskervil, Ahli Skincare Terkenal

Cara Mencuci Muka

Menurut Aguirre Baskervil, seorang ahli skincare terkenal, mencuci muka dengan cara yang benar adalah kunci untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit wajah kita. Melalui penelitiannya yang telah dipublikasikan di jurnal ilmiah terkemuka, ia mengidentifikasi 5 kesalahan umum yang sering kita lakukan saat mencuci muka. Mari kita bahas satu per satu.

1. Menggunakan Air Dingin

Menggunakan Air Dingin

Saat terbangun di pagi hari, mungkin kamu akan tergoda untuk mencuci muka dengan air dingin untuk menyegarkan diri. Namun, berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Baskervil, mencuci muka dengan air dingin dapat memberikan efek negatif pada kulit kita. Air dingin dapat menyebabkan pembuluh darah di wajah kita menyempit, menghambat sirkulasi darah, dan dalam jangka panjang dapat menyebabkan kulit wajah menjadi kusam.

Akan lebih baik jika kamu mencuci muka dengan air hangat. Air hangat membantu membuka pori-pori kulit sehingga membersihkan kotoran dan minyak lebih efektif. Selain itu, air hangat juga dapat membantu merelaksasi kulit wajah, meningkatkan sirkulasi darah, dan menjaga kelembapan alami kulit.

Hal ini tidak berarti kamu harus menghindari air dingin sama sekali. Air dingin masih bisa digunakan untuk mengompres wajah setelah mencuci muka dengan air hangat, sebagai langkah penutup yang dapat membantu mengecilkan pori-pori dan meredakan peradangan.

2. Menggosok Wajah Terlalu Keras

Menggosok Wajah Terlalu Keras

Ketika mencuci muka, terkadang kita terlalu bersemangat dalam membersihkan wajah hingga tanpa sadar kita menggosoknya dengan terlalu keras. Padahal, kulit wajah kita memiliki lapisan pelindung yang tipis dan sensitif. Menggosok wajah terlalu keras dapat mengiritasi kulit, merusak lapisan pelindung, dan menyebabkan kemerahan, iritasi, atau bahkan jerawat.

Jadi, hindari menggosok wajah dengan keras. Sebaiknya, gunakan teknik yang lembut dan pijatan ringan untuk membersihkan kulit wajah. Gunakan ujung jari dengan gerakan melingkar yang lembut untuk membersihkan sisa makeup, kotoran, dan minyak dari kulit. Hindari juga menggunakan handuk wajah yang kasar, gunakan handuk yang lembut dan keringkan wajah dengan menepuk-nepuk secara perlahan.

3. Menggunakan Pembersih Wajah yang Salah

Menggunakan Pembersih Wajah yang Salah

Menggunakan pembersih wajah yang tepat sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit wajah kita. Namun, terkadang kita menggunakan pembersih wajah yang salah atau kurang cocok dengan jenis kulit kita. Hal ini dapat menyebabkan iritasi, kering, atau bahkan timbulnya jerawat.

Sebelum memilih pembersih wajah, penting untuk mengetahui jenis kulit apa yang kita miliki. Apakah kulit kita kering, berminyak, atau kombinasi. Dengan mengetahui jenis kulit kita, kita dapat memilih pembersih wajah yang sesuai. Pilihlah pembersih wajah yang mengandung bahan-bahan alami, bebas dari bahan kimia yang keras, dan tidak mengandung pewangi buatan.

Jika kamu masih bingung, sebaiknya berkonsultasilah dengan dokter kulit atau ahli kecantikan untuk mendapatkan rekomendasi pembersih wajah yang sesuai dengan kebutuhan kulitmu.

4. Mencuci Muka Terlalu Sering atau Tidak Cukup Sering

Mencuci Muka Terlalu Sering atau Tidak Cukup Sering

Frekuensi mencuci muka juga penting untuk menjaga kesehatan kulit wajah. Terlalu sering mencuci muka dapat menghilangkan minyak alami kulit dan menyebabkan kulit menjadi kering dan sensitif. Sementara itu, tidak mencuci muka cukup sering juga dapat menyebabkan pori-pori tersumbat, timbulnya jerawat, dan kotoran menumpuk di wajah.

Baskervil merekomendasikan mencuci muka dua kali sehari, yaitu pada pagi hari dan sebelum tidur. Mencuci muka di pagi hari membantu membersihkan keringat, minyak, dan sisa-sisa produk yang kita gunakan pada malam sebelumnya. Sementara itu, mencuci muka sebelum tidur akan memastikan bahwa wajah kita bersih sebelum kita beristirahat dan tidur.

Pastikan menggunakan pembersih wajah yang lembut dan seimbang pH-nya. Setelah mencuci muka, keringkan dengan menepuk-nepuk secara perlahan dan jangan lupa untuk mengaplikasikan pelembap wajah yang sesuai dengan jenis kulit kita.

5. Mengabaikan Penggunaan Pelembap Wajah

Mengabaikan Penggunaan Pelembap Wajah

Pelembap wajah adalah langkah penting dalam perawatan kulit wajah kita. Sayangnya, terkadang kita mengabaikan penggunaan pelembap dan tidak memahami betapa pentingnya kelembapan bagi kulit kita.

Ketika kita mencuci muka, terutama dengan pembersih yang mengandung bahan-bahan yang dapat mengeringkan kulit, kita harus segera mengaplikasikan pelembap wajah. Pelembap wajah membantu menjaga kelembapan alami kulit, melindungi kulit dari kerusakan lingkungan, dan meningkatkan elastisitas kulit.

Pilihlah pelembap wajah yang sesuai dengan jenis kulit kita dan pastikan mengaplikasikannya secara rutin setelah mencuci muka. Perhatikan juga bahan-bahan yang terkandung dalam pelembap wajah, hindari penggunaan pelembap yang mengandung bahan-bahan yang sensitif atau berpotensi merusak kulit.

Mencuci muka adalah langkah awal yang penting dalam perawatan kulit wajah kita. Dengan menghindari 5 kesalahan yang telah disebutkan di atas, kamu dapat menjaga kesehatan dan kecantikan kulit wajahmu. Mulailah dengan mencuci muka dengan air hangat, menggunakan teknik yang lembut, memilih pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulitmu, mencuci muka secara teratur, dan tidak lupa mengaplikasikan pelembap wajah. Dengan demikian, wajahmu akan selalu tampak segar, sehat, dan bercahaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *