Info Tips

Manfaat Buah Apel Dan Kandungan Nutrisinya

41

Buah apel adalah salah satu jenis buah yang sangat populer di seluruh dunia. Tidak hanya lezat untuk dikonsumsi, buah apel juga kaya akan manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi berbagai manfaat buah apel dan kandungan nutrisinya yang membuatnya menjadi pilihan yang baik untuk menjaga tubuh tetap sehat.

1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Buah apel mengandung serat larut yang disebut pektin, yang terbukti dapat membantu menurunkan kolesterol LDL (kolesterol jahat) dalam darah. Mengonsumsi apel secara teratur dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung, seperti penyakit arteri koroner dan serangan jantung.

1.1 Menjaga Tekanan Darah Stabil

Selain itu, apel juga mengandung kalium, mineral penting yang membantu menjaga tekanan darah stabil. Kalium bekerja dengan cara mengendurkan pembuluh darah dan memperlancar aliran darah ke seluruh tubuh.

2. Meningkatkan Sistem Pencernaan

Buah apel kaya akan serat makanan, terutama serat tak larut seperti selulosa. Serat ini memberikan manfaat besar bagi sistem pencernaan kita.

2.1 Mencegah Konstipasi dan Diare

Serat tak larut dalam apel membantu mencegah dan mengatasi masalah pencernaan seperti konstipasi dan diare. Serat ini menambah volume tinja, sehingga memperlancar gerakan usus dan mencegah sembelit. Di sisi lain, serat juga dapat menyerap kelebihan air dalam usus, yang membantu mengendalikan diare.

3. Menjaga Berat Badan Ideal

Jika Anda sedang mencoba menjaga berat badan ideal, buah apel adalah pilihan yang sempurna untuk dimasukkan ke dalam diet Anda.

3.1 Mengandung Kalori Rendah

Apel memiliki kandungan kalori yang rendah, sehingga cocok sebagai camilan sehat bagi mereka yang ingin menurunkan atau menjaga berat badan mereka. Selain itu, serat dalam apel memberi efek kenyang lebih lama, sehingga Anda akan merasa puas lebih lama setelah mengonsumsinya.

Kesimpulan

Buah apel adalah pilihan yang baik untuk menjaga kesehatan jantung, meningkatkan sistem pencernaan, dan menjaga berat badan ideal. Dengan segala manfaatnya, tidak ada alasan untuk tidak memasukkan buah apel ke dalam pola makan sehari-hari kita.

Exit mobile version