Cara Mengecilkan Perut Buncit dan Melangsingkan Tubuh dengan Diet Sehat

Mengecilkan perut buncit bukanlah perkara yang mudah. Perlu kedisiplinan dan kemauan yang keras untuk bisa mengecilkan perut yang sudah terlanjur menimbun banyak lemak. Selain berolahraga, lemak di perut juga bisa diatasi dengan melakukan diet sehat. Diet sehat berarti mengatur pola makan menjadi pola makan yang sehat. Apa saja makanan yang baik untuk diet ini? Ini dia beberapa cara untuk melakukan diet sehat :

perut buncit

(c) shutterstock.com

Menghindari makanan berlemak

Makanan berlemak yang perlu dihindari adalah lemak yang tidak sehat. Kulit ayam, lemak ayam, lemak daging sapi, dan sejenis perlu kita hindari. Jika ingin makan daging atau ayam maka makanlah daging yang memiliki lemak sedikit saja. Kurangi konsumsi makanan berlemak ini dan menggantinya dengan lemak yang lebih sehat.

Menghindari makanan berminyak

Minyak goreng juga tak baik bagi tubuh dan tubuh yang sudah ditimbuni banyak lemak. Jangan terlalu sering menggoreng makanan. Untuk mengganti makanan yang digoreng bisa memasak makanan dengan cara lain yang tidak menggunakan minyak banyak seperti dipanggang, dikukus, dan direbus. Misalnya saja tempe dan tahu goreng diganti dengan tempe dan tahu kukus.

Makan dengan kalori yang terukur

Kita boleh saja memakan beragam jenis makanan asalkan kalorinya terukur, tidak berlebihan. Konsumsilah makanan yang bernutrisi tinggi serta berkalori rendah. Makanan tersebut harusnya sudah dapat membuat kenyang. Misalnya makan sayuran, buah-buahan, vitamin, serta mineral dalam jumlah yang cukup. Mengolah makanan sendiri akan membuat kita lebih dapat membatasi apa yang kita makan.

Minum air putih yang cukup

Minumlah air putih dalam jumlah yang cukup. Kebutuhan air putih setiap harinya adalah sekitar 8 gelas. Jika kurang dari itu maka kurang baik bagi kesehatan tubuh kita. Air putih dapat menetralisir racun dan memperlancar metabolisme dalam tubuh. Sebagian orang beranggapan bahwa minum selain air putih sudah dimasukkan dalam pemenuhan kebutuhan air putih. Sebenarnya minuman lainnya seperti teh manis, kopi, minuman ringan, dan sejenisnya tidak bisa menggantikan air putih. Kandungan gula yang terdapat dalam minuman tersebut nyatanya malah dapat memperparah masalah berat badan. Jika tak sanggup minum air putih 8 gelas sehari, bisa mengganti satu dua gelas dengan minuman herbal yang tanpa pemanis seperti teh hijau.

Makanan karbohidrat kompleks

Konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks. Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks antara lain gandum dan beras merah. Karbohidrat kompleks ini dicerna dengan pelan oleh tubuh. Hal tersebut dapat membuat rasa kenyang dapat bertahan lebih lama. Dan program cara mengecilkan perut buncit ini bisa lancar.

Diet sehat seperti yang telah diuraikan di atas akan lebih lengkap dan ampuh atasi perut buncit jika diikuti dengan olahraga yang rutin. Olahraga yang dilakukan tidak perlu terlalu berat asalkan rutin dan berkelanjutan. (Ayla/San)


DMCA.com Protection Status