Cara Menghilangkan Bau Sepatu Dengan Kopi

Cara menghilangkan bau sepatu akan kita bahas disini, ganguan ringan ini kadang membuat kita pussing dan malu ya. Sepatu adalah salah satu jenis alas kaki favorit selain sandal atau selop. Jenis sepatu terdiri dari berbagai macam model tergantung pada kegunaannya. Dengan bentuk dan bahan yang berbeda-beda, pastinya cara membersihkan sepatu pun juga berbeda. Contohnya, sepatu kulit dan sepatu kain yang pastinya memiliki cara berbeda untuk pembersihannya. Nah, sayangnya, tak semua orang sadar kebersihan akan sepatu mereka. Alhasil, bukannya tidak mungkin sepasang sepatu anda menjadi sangat bau terutama ketika anda baru saja mengeluarkan kaki anda darinya.

cara menghilangkan bau sepatu

(c) shutterstock.com

Cara menghilangkan bau pada sepatu

Sebenarnya sangat sederhana untuk menghilangkan bau yang ada pada sepatu ini. Tidak banyak hal yang perlu dilakukan untuk selalu menjaga sepatu anda agar tetap bersih, segar dan tak berbau.

Bubuk kopi sebagai penetral bau

Ya, selain untuk dikonsumsi sebagai minuman anti kantuk, kopi sangatlah berguna sebagai penetral bau dan dijadikan pilihan cara untuk menghilangkan bau. Tidak heran bahwa kita akan sering menemukan bubuk kopi di setiap toko parfum. Karena bubuk kopi tersebut berguna untuk menetralkan bau di hidung anda setelah mencium aroma satu jenis parfum, agar nantinya anda tidak akan merasa bingung jika anda akan mencium bau parfum dengan jenis yang berbeda. Nah, lalu bagaimana cara menghilangkan bau sepatu dengan kopi? Pastikanlah bahwa sepatu anda dalam keadaan bersih dan kering terlebih dahulu sebelum anda memasukkan kopi ke bagian dalamnya. Agar anda nantinya tidak kerepotan dalam membersihkan bubuk kopi dari dalam sepatu, bungkuslah bubuk kopi ke dalam kertas tisu. Lalu masukkan bungkusan kopi tersebut ke dalam tiap sepatu anda. Biarkan semalaman agar kopi secara maksimal menetralkan bau di dalam sepatu anda.

Rajin mencuci sepatu dan mengganti kaus kaki

Kedua aktifitas di atas cukuplah mudah untuk dilakukan sedikitnya sekali seminggu. Biasanya kuantitas pencucian sepatu dapat berbeda dari seseorang dengan yang lainnya tergantung lamanya atau seringnya pemakaian sepatu tersebut. Cara pencucian sepatu pun juga berbeda-beda tergantung bahannya. Cara menghilangkan bau sepatu kulit yaitu cukup dengan mengangin-anginkannya saja. Bagian luar dapat disemir hingga mengkilat. Jika bau sepatu tak kunjung hilang dengan diangin-anginkan, anda dapat memasukkan bungkusan kopi seperti cara pertama ke dalam sepatu kulit anda. Jika sepatu anda terbuat dari kain, solusi pencucian yang paling umum adalah dengan membasahinya dan mencucinya dengan bantuan sabun colek dan sikat. Jangan lupa juga sering mengganti kaus kaki anda agar bau keringat yang menempel di kaus kaki tidak bertahan lama di dalam sepatu juga.

Jaga kebersihan kaki

Terkadang, bau sepatu juga dipicu oleh kelainan yang terdapat pada kaki anda. Ada beberapa orang yang memiliki masalah keringat berlebih hanya di bagian telapak kaki saja. Bakteri yang bercampur dengan keringat inilah yang menyebabkan bau pada sepatu anda. Maka dari itu, untuk menjaga sepatu anda tetap bersih dan wangi, jagalah juga kebersihan kaki anda. Cuci kaki anda dengan sabun anti bakteri. Hal ini juga dapat menjadi salah satu cara menghilangkan bau sepatu pantofel.(Ayla/Vir)


DMCA.com Protection Status