Cara Merawat Tubuh dengan Lulur Alami Tradisional Warisan Leluhur

Sobat Ayla yang kami banggakan, memiliki tubuh yang indah dengan kulit yang cerah dan mulus tentu menjadi idaman setiap wanita. Cara untuk memiliki tubuh yang mulus salah satunya dengan menggunakan lulur alami. Wanita Indonesia terbilang banyak menggunakan ramuan lulur untuk merawat tubuh mereka. Lulur tersebut ada berbagai macam jenisnya tergantung dari bahan pembuatannya. Untuk melakukannya perhatikan cara merawat tubuh dengan lulur alami berikut ini:

cara merawat tubuh

(c) shutterstock.com

1. Sebelum menggunakan lulur sebaiknya mandi terlebih dahulu. Menggunakan lulur di tempat perawatan kulit atau di rumah sebaiknya dimulai dengan membersihkan badan terlebih dahulu. Walaupun lulur juga berfungsi untuk membersihkan tubuh namun lebih baik jika tubuh juga sudah bersih terlebih dahulu.

2. Keringkan badan sebelum mengaplikasikan lulur. Gunakan handuk badan yang lembut untuk mengeringkan badan sehabis mandi. Keringkan badan secara menyeluruh sampai ke sela-sela tubuh yang tidak nampak.

3. Pilihlah lulur yang sesuai dengan kebutuhan tubuh. Ada berbagai jenis lulur alami yang bisa digunakan, antara lain:

  • Lulur cokelat, lulur yang berasal dari cokelat mengandung antioksidan yang dapat membuat kulit menjadi cantik dan sehat. Selain itu kandungan katekinnya dapat membuat kulit bersih dan bercahaya. Lulur cokelat juga dapat menghilangkan bau badan dan mengangkat sel kulit mati.
  • Lulut melati. Lulut bunga melati dengan campuran bahan herbal lainnya berfungsi sbagai penangkal sinar matahari serta dapat mendinginkan dan menghaluskan kulit. Wangi bunga melati akan membuat badan menjadi lebih segar.
  • Lulur kemuning. Lulur ini terbuat dari ekstrak kemuning, rempah-rempah dan bahan herbal lainnya. Lulur ini dapat membunuh bakteri dan mengurangi bau badan pada tubuh.
  • Lulur boreh. Lulur ini dapat membuang racun-racun yang ada di dalam tubuh. Menggunakan lulur boreh atau ginger juga bisa menyembuhkan masuk angin, nyeri oto, dan mampu memperlancar peredaran darah dan menyehatkan kulit.
  • Lulur bengkoang. Bengkoang ini sudah sangat terkenal dengan khasiatnya untuk mencerahkan kulit yang kusam. Lulur bengkoang dapat berfungsi mengangkat sel kulit mati dan menjaga kelembaban kulit.
  • Lulur avokad. Avokad memiliki kandungan vitamin E dan omega 3 yang berfungsi untuk mencegah penuaan dini dan berperan sebagai anti oksidan. Avokad juga berfungsi untuk pelembab kulit jadi cocok bagi orang yang memiliki kulit kering.

4. Aplikasikan lulur ke seluruh tubuh. Biarkan selama beberapa saat sampai bahan-bahan tersebut terserap oleh kulit.

Baca juga : Cara merawat tubuh dengan baik (artikel populer)

5. Setelah selesai bersihkaan lulur menggunakan air hangat, lalu bersihkan lagi dengan air yang dingin.

Itulah beberapa tahapan yang bisa diikuti untuk menggunakan lulur pada tubuh. Lulur alami tersebut jika digunakan dengan benar akan benar-benar bermanfaat bagi kesehatan kulit tubuh. Lulur alami tidak kalah khasiatnya dengan produk-produk kosmetik lainnya. (Ayla/San)


DMCA.com Protection Status