Ini Dia Tips Sahur Agar Tidak Cepat Lelah Saat Berpuasa

Seluruh umat Islam dianjurkan untuk melakukan sahur sebelum imsak agar lebih tahan berpuasa. Dengan melakukan sahur, kita jadi punya cadangan kalori untuk melakukan kegiatan selama berpuasa. Akan tetapi, kadangkala tubuh kita tetap terasa cepat lelah meskipun telah sahur. Jadi, bagaimana caranya agar sahur kita benar-benar menjadikan kita kuat saat berpuasa? Ini dia tips makan sahurnya.

tips sahur di bulan ramadhan

(c) shutterstock.com

Tip sahur agar kuat berpuasa

Makan menjelang imsak

Tentu Anda sudah memahami bahwa kita dianjurkan makan sahur menjelang imsak sesuai sunnah. Makan sahur menjelang imsak akan membuat cadangan kalori kita lebih banyak dipakai untuk berpuasa siang harinya.

Perhatikan menu makanan

Menu makanan dapat kita modifikasi agar badan kita tidak cepat lemas saat puasa. Tips menu sahur yang dapat dipertimbangkan adalah porsi makanan pokok, lauk pauk, sayur, dan buah. Mengganti nasi putih anda dengan nasi merah, kentang, atau oatmeal dapat memperpanjang masa kenyang anda. Bahan-bahan makanan tersebut diserap perlahan-lahan oleh tubuh karena termasuk dalam karbohidrat kompleks sehingga punya indeks glikemik yang rendah. Perbanyak juga makan buah untuk menambah asupan air anda. Kebutuhan protein dapat dipenuhi dari ikan, tempe, tahu, atau daging.

Hindari makanan perangsang asam lambung

Hindari minuman berkafein dan makanan yang asam dan pedas untuk membuat ‘lambung’ anda lebih tenang. Tingkat keasaman lambung akan meningkat saat puasa karena lama tidak terisi makanan dan minuman, sehingga apabila ditambah dengan makanan dan minuman di atas tentu anda dapat mengalami gejala maag (nyeri ulu hati, mual, dada terasa panas) terutama bagi orang yang sering mengalami maag.

Perbanyak minum air putih

Air putih penting agar tubuh anda tidak dehidrasi selama puasa. Selain saat sahur, air putih sebaiknya diminum sedikit demi sedikit sejak berbuka puasa hari sebelumnya agar tidak kekurangan air. Kekurangan air akan membuat tubuh anda lemas, kepala terasa pusing, dan sulit konsentrasi.

Baca juga :

Jadi, usahankanlah untuk makan sahur tiap sebelum puasa. Perhatikanlah juga menu makanan anda saat sahur dan perbanyak konsumsi air putih anda agar tubuh anda tetap kuat untuk beraktivitas. Masih ingin tahu beberapa tip sahur lainnya? Ikuti terus artikel dari kami. (Ayla/IBW)


DMCA.com Protection Status