Lebih Baik Mana Keramas Malam Hari Atau Siang? Yuk Kita Cari Tahu

Nah, kali ini kita mau ngomongin tentang waktu keramas, mana yang lebih baik antara keramas di malam hari atau siang hari, dan apa alasannya. Ok, yuk kita mulai membahasnya, masing-masing diantara kita tentulah mempunyai kesibukan dan juga rutinitas yang pastinya berbeda-beda. Salah satunya adalah rutinitas kita dalam mencuci rambut. Ada yang berpendapat bahwa mencuci rambut itu enaknya siang hari dan mereka lebih senang untuk melakukan aktivitas keramas ini pada pagi hari sebelum mereka memulai segala aktivitasnya. Tetapi disisi lain ada juga yang lebih suka untuk melakukan keramas ini pada malam hari, disaat mereka telah selesai melakukan segala aktivitas seharian. Lantas sebenarnya di waktu manakah yang paling pas untuk dilakukan.

keramas di malam hari

(c) shutterstock.com

Keramaslah di malam hari jika sobat

Mempunyai kulit kering

Seperti dikatakan Dermatologis Tanya Kormeili, MD. Bahwa, mandi yang disertai dengan keramas pada pagi hari tidaklah dianjurkan bagi siapa saja yang mempunyai jenis kulit kering dan juga yang mengidap eczema. Oleh karenanya maka melakukan keramas pada malam hari sangat dianjurkan untuk mereka yang memiliki jenis kulit kering.

Sering susah tidur

Berbeda dengan kebiasaan keramas pada pagi hari, maka mereka yang suka melakukan keramas pada malam hari ini akan membuat sebagian dari yang rutin melakukannya jadi lebih mudah tidur.

“Sensasi dingin setelah mandi membuat tidur menjadi lebih mudah dan alami”, ujar Christopher Winter, M.D dari the sleep center at Martha Jefferson Hospital.

Yang banyak beraktivitas diluar ruangan

Tentunya sobat Ayla semuanya tidak ingin tidur malam dan berisitirahat dalam keadaan banyak kotoran debu dan berbagai macam polusi kotoran di rambut karena beraktivitas di luar ruangan. Kotoran ini selain bisa menyebabkan ganguan pada rambut dan kulit kepala nantinya juga menyebabkan seprai menjadi kotor dan menjadi penyebab ganguan di kulit wajah.

Suka olahraga pada sore hari

Sobat Ayla tentu akan sangat tidak nyaman jika harus tidur dalam keadaan wajah dan juga tubuh kotor karena bekas keringat setelah menjalankan olahraga di sore hari. Untuk itu mandi bersih disertai keramas sangat baik dilakukan setelah sorenya teman-teman berolah raga.

Dan, keramaslah di pagi hari jika sobat

Termasuk orang yang susah bangun pagi

Jika sobat adalah termasuk orang yang tidak mudah untuk bangun tidur dipagi hari dan sangat mudah mengantuk maka, lakukanlah keramas pada pagi hari. Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa dengan melakukan keramas pada pagi hari akan membantu membuat kita lebih mawas diri serta mampu membantu dalam meningkatkan metabolisme.

Suka berolahraga di pagi hari

Tentunya untuk hal ini sudah sangat jelas tujuan utamanya yaitu, setelah kita melakukan olah raga maka sudah seharusnya kita mandi untuk membersihkan diri dan menghilangan bau badan.

Mempunyai kulit kepala yang berminyak

“Keramas di pagi hari akan lebih baik bagi yang memiliki kulit kepala berminyak, karena minyak diproduksi pada malam hari dan keramas di pagi membersihkannya,” ujar internis asal New York, Holly Phillips, MD,

Dituntut untuk selalu kreatif

Shelly Carson yang merupakan seorang Dosen psikologi di Harvard University mengatakan bahwa keramas ini hampir mirip dengan meditasi. Dimana saat kita keramas ada gelombang alpha yang membantu membuat otak kita menjadi rileks dan santai saat keramas. Dan hal ini bisa membantu memberikan ide-ide yang cemerlang di pekerjaan.

Demikian sedikit informasi yang bisa kami rangkum dan sajikan untuk sobat Ayla semuanya tentang memilih waktu keramas sesuai dengan rutinitas dan kebiasaan kita sehari-hari. Semoga ada manfaatnya dan silahkan share jika ada teman lain yang membutuhkan.(Ayla/Alw)


DMCA.com Protection Status