Manfaat Cuka Apel Bagi Kesehatan Tubuh Dan Tempat Jual Terpercaya

Apel yang memiliki nama latin Malicus domestica merupakan buah yang sudah tidak asing lagi bagi kita. Buah yang berasa manis dan terkadang sedikit asam  tersebut mengandung banyak air yang menyegarkan saat dikonsumsi sebagai hidangan penutup saat makan siang. Apel terdiri dari berbagai jenis, dan hal itu ditunjukkan dari perbedaan bentuk maupun kulitnya. Ada apel merah hijau, hijau atau kuning. Demikan pula asalnya, ada apel Malang, apel Australia, Apel Amerika, dan sebagainya.

khasiat dan manfaat cuka apel untuk kesehatan dan kecantikan

(c) shutterstock.com

Sekilas tentang buah apel dan kandungan nutrisinya

Pohon apel dapat menghasilkan buah yang berkualitas apabila tumbuh di  kawasan yang beriklim sejuk/dingin. Di Indonesia, pohon apel tubuh subur di kawasan Batu, Malang. Buah apel bisa dikonsumsi secara langsung, dibuat salad buah, dibuat sup buah, atau pun jus buah. Dan kini buah apel juga diproduksi menjadi berbagai olahan seperti saus apel dan cuka apel.

Buah apel mengandung banyak nutrisi antara lain vitamin A, vitamin B komplek, vitamin C, flavonoid, polifenol, dan seebagainya. Berbagai nutrisi tersebut memberikan manfaat yang luar biasa dalam menjaga kesehatan tubuh.

Khasiat dan manfaat cuka apel bagi kesehatan

Cuka apel merupakan hasil olahan dari buah apel. Pada mulanya proses pengolahan buah apel menjadi cuka apel ini dimaksudkan untuk cara pengawetan buah apel karena hasil panen buah apel yang selalu melimpah. Namun menurut penelitian, ternyata cuka apel memiliki banyak khasiat bagi kesehatan tubuh. Manfaat cuka apel bagi kesehatan tubuh adalah;

  1. Mengatasi penyakit hipertensi. Meskpun telah difermentasi menjadi cuka apel namun nutrisi pada buah apel tetap tidak berubah. Sama seperti buah apel, maka khasiat cuka apel antara lain untuk mengatasi masalah hipertensi.
  2. Mengatasi penyakit rematik. Kandungan magnesium pada cuka apel bermanfaat sebagai perekat yang melekatkan kalsium dan fosfor pada tulang-tulang, selain itu juga mampu mencegah  penyakit osteoporosis atau pengeroposan tulang.
  3. Mengeluarkan racun dari tubuh. Nutrisi dalam cuka apel mampu membantu tubuh membuang racun-racun dari dalam tubuh sehingga membantu mencegah berbagai penyakit.
  4. Membantu menurunkan berat badan (diet). Mengkonsumsi cuka apel secara rutin dapat membantu menurunkan berat badan secara alami. Jadi buat kamu yang memiliki masalah denganm berat badan berlebih coba saja untuk mengkonsumsinya. Caranya mudah; tambahkan 2 sendok makan cuka apel dalam air putih dan minumlah secara teratur.
  5. Menstabilkan kadar gula darah. Mengkonsumsi cuka apel setiap hari secara teratur juga membantu menstabilkan kadar gula dalam darah, sehingga cuka apel juga baik dikonsumsi oleh penderita diabetes.
  6. Mencegah kanker. Pada peneltian yang dilakukan pada seekor tikus, dibuktikan bahwa cuka apel dapat mencegah terjadinya penyakit kanker karena mengandung zat-zat yang dapat membunuh sel-sel kanker dan mampu mengecilkan tumor.
  7. Menjaga kesehatan jantung. Penelitian yang dilakukan oleh para ahli berhasil  membuktikan bahwa cuka apel dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida karena mengandung antioksidan asam chlorogenic yang secara otomatis dapat mencegah terjadinya penyakit jantung
  8. Menurunkan kadar kolesterol. Berdasarkan penelitian cuka apel dapat meningkatkan profil lipid darah dengan mengurangi kadar trigliserida dan kadar kolesterol jahat. Cuka apel juga dapat meningkatkan kadar kolesterol baik. Maka cuka apel bermanfaat membantu menurunkan kadar kolesterol.
  9. Menjaga sistem pencernaan. Untuk menjaga sistem pencernaan tetap baik, cobalah mengkonsumsi 1 sendok makan cuka apel yang dicampur dengan 2 sdm madu dalam satu gelas air putih. Minumlah setiap hari secara rutin.
  10. Merawat kecantikan wajah. Selain bermanfaat bagi kesehatan, ada lagi kegunaan cuka apel lainnya yaitu untuk merawat kecantikan kulit wajah. Cuka apel ternyata bisa juga dimanfaatkan sebagai toner wajah untuk mengatasi wajah berjerawat, mengurangi minyak, dan menghaluskan kulit.

Cara membuat cuka apel

Saat ini, beberapa pabrik memproduksi cuka apel ini dikarenakan permintaannya yang sangat tinggi. Sekilas tentang cara membuatnya adalah sebagi berikut (catatan : hanya untuk gambaran saja, butuh pendampingan ahli untuk membuatnya). Adapun gambaran umum cara membuat cuka apel dipabrk adalah sebagai berikut. Apel dicuci bersih, selanjutnya di iris tipis-tipis. Tambahkan air lalu direbus hingga mendidih. Kecilkan api kompor, kemudian tambahkan gula pasir. Tunggu hingga 30-45 menit hingga tercium aroma apel. Kemudian lakukan penyaringan untuk mendapatkan sari buah apel. Selanjutnya masukkan sari buah apel ke dalam gallon, lalu tutup rapat agar tidak terkontaminasi. Tunggu beberapa saat hingga sari apel di dalam gallon dingin, kemudian tambahkan yeast lalu gallon ditutup kembali rapat-rapat. Fermentasi sari apel tersebut selama 1-2 minggu hingga mengeluarkan alkohol. Selanjutnya, buka tutup gallon lalu ganti dengan kain kasa. Fermentasikan  kembali selama 2 minggu sehingga terbentuk cuka dengan  pH mencapai 3-4. Semakin lama waktu fermentasi maka hasilnya akan semakin bagus. Untuk memanen, ambil cuka dari gallon lalu lakukan proses pasteurisasi dengan cara memanaskan cuka untuk mematikan mikroba pembentuk asam.

Dosis dan cara penggunaan cuka apel

Dosis umum yang dianjurkan (selengkapnya bisa dilihat pada kemasan);  ½ -1 sdm cuka apel dicampur dengan segelas air. Minumlah sebanyak 2-3 kali sehari beberapa menit sebelum makan. Jika kamu belum terbiasa  boleh menambahkan 1 sdt madu agar rasanya lebih nikmat. Pelajari selengkapnya pada kemasan produk yang Anda beli! Konsultasikan jika tidak jelas.

Harga cuka apel original di pasaran

Harga cuka apel cukup bervariasi , mulai  30 ribuan,  300 ribuan, bahkan 800 ribuan. Harga ini tergantung pada besarnya kemasan. Untuk mendapatkan cuka apel, kamu bisa membelinya di apotek, supermarket atau toko online.

Cuka apel terdiri dari dua jenis yakni cuka apel yang dibuat dari hasil  fermentasi sari apel dan  cuka apel yang dibuat dari sari apel beralkohol (cider vinegar). Cuka apel yang dibuat dari sari apel beralkohol mengandung alkohol berkadar 5,85%, dan ini tidak boleh dikonsumsi oleh kaum muslim karena hukumnya haram.

Baca juga :

Baik buah apel maupun cuka apel, dua-duanya memberikan manfaat bagi kesehatan dan juga kecantikan. Pengolahan buah apel menjadi cuka apel memiliki dua keuntungan, sebagai cara pengawetan dan membuat manfaat cuka apel lebih terasa bagi kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat!(Ayla/IBW)


DMCA.com Protection Status