Sebelum Mencari Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya Baca Dulu Ini

Cara menghilangkan jerawat dan juga noda hitam bekas radangnya banyak sekali caranya mulai dari yang murah dengan cara alami sampai ke yang berbiaya tinggi. Sebelum sobat Ayla melakukan pencarian lagi tentang cara-cara itu ada baiknya luangkan waktu sejenak untuk membaca kembali artikel ini agar teman-teman bisa memahami tentang masalah jerawat ini dan mencari solusi terbaik untuk persoalan teman-teman semua.

cara menghilangkan jerawat

(c) shutterstock.com

Jerawat adalah masalah di kulit wajah yaitu suatu kondisi di mana pori-pori pada bagian kulit wajah kita tersumbat dan dalam kurun waktu tertentu akan berakibat timbunya kantung nanah dan terjadi peradangan. Jerawat termasuk dalam kategori penyakit kulit yang sangat banyak sekali orang yang mengalaminya. Jumlah penderitanya cukup besar, khususnya pada rentang usia 15 sampai dengan 45 tahun. Bahkan seorang peneliti masalah ganguan kulit atau jerawat yang sangat terkenal yaitu Kligmann, pernah menyampaikan bahwa,

“Tak ada satu orang pun di dunia yang melewati masa hidupnya tanpa sebuah jerawat di kulitnya”

Ada beberapa kemungkinan penyebab utamanya yaitu antara lain adanya perubahan hormonal dimana kondisi ini kemudian akan merangsang kelenjar minyak yang ada pada kulit. Selain dari itu perubahan hormonal yang lain dan berpotensi juga menjadi pemicu munculnya masalah jerawat ini adalah adalah stres yang berkepanjangan, haid atau menstruasi, saah mnjalani kehamilan dan yang selalu menjadi issue manarik adalah penggunaan obat atau pil KB.

Kenali penyebab sebelum memilih cara menghilangkan jerawat

Penggunaan Handphone

Apa hubungannya handphone dengan jerawat? Apakah ada radiasi gelombang elektromagnetik yang berpotensi menimbulkan jerawat? No, bukan itu, permukaan dari handphonelah yang berpotensi menjadi sumber persoalan ini. Ditempat itu sangat mungkin jadi media yang sangat subur guna bersemayam dan tumbuhnya bakteri. Untuk itu mulai sekarang jangan biasakan untuk menempelkan handphone ke bagian wajah kita saat menerima panggilan. Dan minimal 2 hari sekali bersihkanlah dengan cairan pembersih pada permukaan handphone sobat Ayla semua.

Kondisi stres

Kenapa stres ini dianggap sebagai salah satu penyebab munculnya jerawat? Apakah benar stress ini secara langsung menyebabkan jerawat? Saat kita mengalami stres, sebenarnya tidak secara langsung akan menjadikan jerawat muncul di wajah atau bagian tubuh kita lainnya. Pada saat kita mengalami kondisi stres ini, akan muncul hormon tertentu yang berpotensi menyebabkan jerawat. Hal lainnya yang menyebabkan stress ini dimasukan sebagai salah satu penyebab munculnya jerawat adalah kebiasaan sebagian orang yang kemudian pola makannya berubah secara drastis saat mengalami situasi ini. Seolah-olah mereka mencari pelarian dari berbagai persoalan dengan makan makanan yang berlemak dan cenderung manis! Apakah sobat Ayla juga demikian?

Penggunaan kosmetik

Penyumbatan yang terjadi pada pori-pori kulit kita seringi terjadi dikarenakan adanya penggunaan kosmetik tertentu yang biasa kita pakai dimana pada kosmetik tersenut mengandung cukup banyak minyak. Selain itu penggunaan beberapa jenis bedak yang menjadi satu dengan foundation. Kenapa demikian ? Karena foundation yang ada terkandung dalam bedak akan menjadi penyebab utama bubuk bedak ini menjadi sangat mudah sekali dalam menyumbat pori-pori.

Bakteri p.acne

Masalah jerawat akan semakin kompleks manakala kita sudah membicarakan masalah bakteri. Pada kelenjar sebaceous yang tersumbat akan berkembang jenis bakteri p.acne. Yang kemudian akan meyebabkan iritasi pada daerah sekitar kelenjar yang tersumbat. Perlahan kelenjar itu kemudian akan memebengkak dan bisa jadi akan pecah yang selanjutnya akan menimbulkan penyebaran radang pada bagian kulit sekitarnya. Hal inilah kenapa kemudian jenis jerawat batu adalah yang paling memungkinkan akan meninggalkan bekas jerawat yang susah dihilangkan.

Sel kulit mati

Sebagian pakar kecantikan mengatakan bahwa secara umum jerawat ini muncul disebabkan karena adanya produksi kelenjar minyak yang berlebih. Jerawat ini kemudian timbul dikarenakan kelenjar minyak yang berlebih tersebut bercampur dengan sel kulit mati. Nah, di titk inilah dimana sel kulit mati itu kemudian bercampur dengan kotoran dan juga debu yang kemudian campuran ini akan menjadi semakin tebal serta lengket dan akan menyumbat pori-pori kulit kita dan membentuk bintik-bintik berwarna hitam ataupun putih. Jerawat tidak hanya menyerang bagian wajah saja, tetapi pada beberapa kasus jerawat ini juga bisa menyerang pada bagian tubuh yang lainnya seperti yang umum terjadi yaitu pada bagian lengan kemudian dada dan yang paling banyak terjadi adalah punggung.

Produksi minyak berlebihan

Seperti pernah kami jelaskan sebelumnya bahwa penyebab jerawat ini bukan Cuma kotoran saja, tetapi ada pennyebab lain yang lebih dominan yaitu faktor dari bagian dalam tubuh kita sendiri. Sobat Ayla, terawat merupakan sebuah kondisi abnormal pada kulit kita sebagai akibat gangguan dari produksi kelenjar minyak yang berlebihan (sebaceus gland) dimana hal ini kemudian menyebabkan adanya penyumbatan dari saluran folikel rambut serta pori-pori kulit. Namun demikian penyebab jerawat di kulit kita yang paling umum adalah karena hormon, kemudian adanya tumpukan minyak berlebih atau sebum pada kulit yang kemudian tercampur dengan dengan bakteri.

Pilih cara menghilangkan jerawat sesuai dengan jenisnya

Sebelum memutuskan menggunakan cara tertentu untuk menghilangkan dan mengatasi jerawat ada baiknya juga selain mengenali penyebabnya sobat Ayla semuanya juga mengetahui tipe atau jenis jerawat yang umum kita alami.

Komedo

Disini masih banyak perdebatan, karena dalam beberapa artikel lain mengataka bahwa komedo berbeda dengan jerawat. Komedo ini sebenarnya adalah kondisi dimana pori-pori kulit wajah kita mengalami penyumbatan. Ada yang kondisinya terbuka, ada juga yang tertutup. Untuk kondisi yang terbuka dimana pori-pori kita kemudian membesar dan kelihatan menghitam ini biasa disebut dengan blackhead. Sedangkan untuk yang tertutup dimana ada bagian yang menonjol berwarna putih pada pori kulit kita yang tersumbat dan ini lebih dikenal dengan whitehead. Jerawat yang digolongkan dalam jenis komedo ini disebabkan oleh adanya sel kulit mati serta adanya sekresi kelenjar minyak yang sangat berlebihan di kulit.

Jerawat biasa

Ini adalah jenis jerawat yang paling banyak dialami, dari tanda-tandanya sangat mudah untuk dikenali. Biasanya jerawat yang masuk kategori biasa ini akan nampak muncul benjolan kecil dengan warna kemerahan atau pink. Jerawat ini terjadi dikarenakan kondisi pori-pori kulit yang sudah tersumbat kemudian terinfeksi oleh bakteri. Bakteri yang menginfeksi ini adalah jenis p.acne atau propionibacterium acne. Seperti sudah kami jelaskan diatas bahwa bakteri ini hidup pada saluran kelenjar sebaceous yang telah tersumbat, lebih tepatnya pada daerah tempat dimana berada kumpulan asam lemak di kantung kelenjar sebaceous dimana posisinya tersembunyi dibagian dalam pori kulit kita.

Bakteri ini dinamai dengan propionibacterium dikarenakan bisa atau mampu memproduksi apa yang disebut asam-propionik atau propionic acid. Bakteri yang satu ini juga merupakan jenis dari anaerobik oleh karena itu bisa hidup tanpa membutuhkan oksigen, serta memiliki ciri-ciri aerotolerant dimana akan menimbulkan ganguan iritasi di daerah sekitarnya. (source:wikipedia)

Bakteri ini biasanya menginfeksi dari beberapa bahan atau alat yang kita pergunakan seperti handuk, kuas make up, waslap, tangan dan juga permukaan telepon seperti yang kami jelaskan diatas. Selain itu kondisi stres berkepanjangan, perubahan hormon serta udara yang lembab disekitar kita bisa memperbesar adanya kemungkinan terjadinya jerawat.

Jerawat batu

Dalam artikel kami tentang cara menghilangkan jerawat batu kami telah membahas secara detail hal ini. Tetapi untuk merefresh kembali tidak ada salahnya kami tuliskan kembali disini. Cystic acne atau jerawat yang ukurannya relatif besar-besar yang diikuti dengan peradangan yang hebat, terkesan membuat kelompok-kelompok dan berkumpul di beberapa bagian di wajah kita. Penderita cystic acne ini menurut beberapa penelitian biasanya juga mempunyai anggota keluarga dekat dengan masalah yang sama yaitu menderita gangguan jerawat dengan jenis ini. Secara genetik seseorang yang menderita ganguan jerawat paling menyebalkan ini memiliki kelenjar minyak pada kulit yang sangat aktif yang kemudian akan membanjiri pori-pori kulitnya dengan banyak kelenjar minyak. Kemudian terjadinya pertumbuhan sel-sel dari kulit yang tidak biasa atau normal yang tidak bisa dengan baik beregenerasi secepat kulit orang pada umumnya.Dan selain itu, seseotang yang mengalami hal ini biasanya memiliki respon khusus yang bisa dikatakan berlebihan terhadap terjadinya peradangan sehingga akan meninggalkan bekas pada kulitnya.

Beberapa cara menghilangkan jerawat

Baik, sekarang saatnya kita melihat tentang bagaimana cara menghilangkan jerawat ini. Jerawat seperti yang telah kami sampaikan diatas adalah salah satu ganguan atau penyakit pada kulit yang biasa tumbuh dan menyerang pada bagian wajah, leher, punggung dan lengan. Dalam hal menangani jerawat ini tidak boleh kita asal-asalan dan sembarangan. Perlu kiranya sobat Ayla memahami beberapa cara perawatan kulit wajah yang umum disarankan untuk membantu menghilangkan jerawat berikut ini.

Jagalah selalu kulit wajah sobat Ayla semua agar selalu bersih sesaat setelah melakukan aktivitas seharian yaitu saat teman-teman suda sampai di rumah dan beristirahat. Jangan pernah mencoba-coba untuk memecahkan jerawat ini dengan cara dipencet. Bahkan sebisa mungkin hindari untuk menyentunya. Pastikan seluruh sisa-sisa kosmetik yang sobat Ayla pakai sudah bersih saat mau tidur. Dan khusus untuk bahan pembersih wajah dan waktu memberishkan wajah juga harus disesuaikan. Pembersih wajah untuk kulit normal, kering dan juga berminyak itu berbeda, jangan asal pakai sesuaikan dengan kulit teman-teman semua. Kemudian bagaimana kita membersihkan wajah di pagi hari dan sore hari juga berbeda, baca kembali artikel kami tetang hal ini atau konsultasikan dengan konsultan kecantikan di salon and spa.

Cara menghilangkan jerawat secara alami

Cara menghilangkan jerawat secara alami yang cukup populer adalah dengan menggunakan daun pepaya. Caranya sangatlah mudah, mulailah dengan mencari daun pepaya yang sudah tua, ambillah 2 atau 3 helai dan kemudian segera sobat Ayla jemur. Setelah itu lumatlah daun pepaya yang sudah disiapkan tersebut dan kemudian tambahkan air secukupnya dan diperas. Ambil air sarinya dan segera oleskan pada bagian wajah yang berjerawat.

Cara menghilangkan jerawat secara alami yang kedua adalah menggunakan lobak, beberapa waktu yang lalu kami telah membahas tentang bagaimana lobak ini bisa sangat baik dalam membantu mencerahkan kulit. Dan kali ini kita akan memanfaatkan lobak ini untuk menghilangkan jerawat. Siapkan lobaknya dan cucilah sampai bersih, jangan banyak-banyak ya, secukunya saja. Setelah itu parutlah lobak itu tadi dan ambillah sarinya. Tambahkan padanya sedikit cuka apel dan aduklah sampai rata. Siapkan wajah sobat Ayla, pastikan sudah bersih dan kering, kemudian oleskan bahan ini pada bagian wajah yang bererawat. Biarkanlah sesaat sampai mengering alami, barulah setelah itu bersihkan dengan menggunakan air bersih. Sobat Ayla bisa melakukan cara ini secara rutin sampai jerawat berkurang dan sembuh.

Yang ketiga dalam pilihan cara menghilangkan jerawat ini adalah memanfaatkan khasiat dan kegunaan dari buah tomat yang dikombinasikan dengan lemon. Caranya adalah sebagai berikut, ambil buah tomat dan lemon kemudian cuci bersih. Setelah itu irislah tipis buah lemon dan tomat tadi. Kalau sudah sekarang kita mulai perawatan wajah dengan 2 buah kaya manfaat ini, pertama berbaringlah dengan santai dan letakkan irisan buah lemon pada wajah. Setelah itu ambil irisan buah tomat dan letakkan diatas buah lemon tadi. Biarkan tumpukan buah itu berada di wajah sobat Ayla selama 15 menit, barulah nanti dibersihkan dengan air bersih. Oh iya, bagi sobat Ayla yang mempunyai kulit sensitif, konsultasikan dulu cara ini dengan ahlinya ya, atau gunakan salah satu buah saja kalau mau dicoba.

Cara mencegah timbulnya jerawat

Jerawat hilang hatipun senang, tapi oops kalau datang lagi bagaimana dong? Ini masalah baru buat kita, setelah berhasil menghilangkan jerawat maka kemudian yang harus kita lakukan adalah bagaimana cara mencegah jerawat datang kembali. Untuk itu kami sekalian akan menyampaikan hal ini melalui artikel ini agar tuntas semua pembahasan tentang masalah jerawat melaui artikel kali ini.

Hal utama yang sangat penting selain menggunakan beberapa jenis dan pilihan cara menghilangkan jerawat serta bahan-bahan kosmetik untuk mengatasi jerawat, adalah selalu menerapkan gaya dan pola hidup bersih dan sehat. Hal ini dikarenakan metabolisma pada tubuh serta proses ekskresi yang baik ini akan sangat membantu dalam melakukan pembuangan zat-zat sisa. Beberapa pola hidup sehat dan bersih yang sebaiknya sobat Ayla semuanya lakukan adalah.

Penuhi kebutuhan air setiap harinya, minumlah air putih secukupnya. Sebisa mungkin hindari stres dan berusaha untuk selalu tenang dan santai dalam menjalankan semua aktivitas sehari-hari dengan berbagai macam persoalan yang mengikutinya. Cukupilah tubuh dengan vitamin alami dengan banyak makan buah dan sayuran. Buah dan sayuran juga sangat baik untuk membantu agar buang air besar lebih lancar. Selalu mencuci muka dengan air yang bersih, dalam beberapa kasus ada yang mengeluhkan kalau air leding yang ada di rumahnya dikatakan mengandung cukup tinggi kadar besi, salah satu solusinya adalah dengan memebeli filter air khusus atau hal lain yang bisa membuat air di rumah teman-teman menjadi bersih dan sehat.

Belum selesai sampai disini, ada hal lainnya yang masih harus teman-teman perhatikan. diantarannya adalah selalu bersihkan tangan teman-teman sebelum menyentuh bagian wajah khususnya yang berjerawat, karena dalam tangan yang kotor ada banyak sekali bakteri yang bermacam-macam yang menempel pada tangan karena aktivitas yang kita lakukan sehari-hari. Kemudian sngat dianjurkan secara rutin selalu mencuci handuk, kemudian sprei dan sarung bantal serta helm. Kemudian sekali lagi kami ingatkan jangan pernah memencet paksa jerawat teman-temans emua. Usahakan untuk mencuci wajah dengan menggunakan sabun yang khusus maksimal 2X dalam 1 hari dengan tujuan untuk membantu mengurangi adanya kelebihan minyak. Dalam hal mencucui muka dengan sabun ini jangan terlalu sering ya teman-teman. Dikhawatirkan jika terlalu sering akan berpotensi menghilangkan kelembaban pada kulit. Ingat! Kelembaban ini sangat diperlukan kulit kita. Selanjutnya usahakan untuk meminimalisir atau menghindari mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung yodium, minuman berkarbonasi, kemudian kopi dan juga gula.

Ada baiknya sobat Ayla selalu rajin untuk berolahraga secukupnya setiap harinya. Perawatan wajah yang dilakukan secara rutin minimal 1X dalam seminggu akan sangat memebantu sekali dalam proses penyembuhan jerawat ini. Jika teman-teman akan membeli produk kosmetik maka pastikan teman-teman hanya memakai produk kosmetik yang secara resmi terdaftar di BPOM atau Badan Pengawas Obat dan Makanan. Jika sampai teman-teman salah dalam memilih produk untuk perawatan wajah ini bisa sangat gawat akibatnya karena akan berpotensi memperparah masalah jerawat yang kita alami.

Lengkap sudah cara menghilangkan jerawat ini kami sajikan, sekaligus bagaimana cara mencegah jerawat dari dalam ada beberapa cara yang bisa sobat Ayla lakukan. Beberapa diantaranya adalah dengan menggunakan bahan herbal. Teman-teman bisa berkonsultasi dengan therapis herbal terdekat untuk hal ini. Salah satu pilihan cara mengatasi jerawat datang lagi adalah dengan mengkonsumsi jintan hitam serta madu. 2 bahan alami itu sangat baik sekali untuk dikonsumsi. (Ayla/Alw)


DMCA.com Protection Status