Info Tips

5 Cara Memutihkan Gigi Secara Alami

72
×

5 Cara Memutihkan Gigi Secara Alami

Share this article

5 Cara Memutihkan Gigi Secara Alami

Mengapa Memutihkan Gigi Secara Alami Penting?

Memiliki gigi yang putih dan bersinar bukan hanya tentang penampilan, tetapi juga merupakan tanda kesehatan gigi yang baik. Namun, dengan berbagai faktor seperti makanan, minuman, dan kebiasaan merokok, gigi kita dapat mudah mengalami perubahan warna dan menjadi kuning atau kusam.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Warna Gigi

Sebelum kita membahas cara-cara memutihkan gigi secara alami, penting untuk memahami faktor-faktor yang dapat mempengaruhi warna gigi:

  • Kebiasaan Merokok: Nikotin dalam rokok dapat menyebabkan noda pada gigi.
  • Konsumsi Minuman Berwarna: Teh, kopi, anggur merah, dan minuman bersoda dapat meningkatkan risiko perubahan warna pada gigi.
  • Makanan Pigmen: Buah-buahan seperti ceri dan blueberry memiliki pigmen yang dapat menodai permukaan gigi.
  • Penuaan: Seiring bertambahnya usia, lapisan email pada gigi dapat aus sehingga bagian dentin (lapisan di bawah email) terlihat lebih kuning.

Cara-Cara Memutihkan Gigi Secara Alami

1. Menggunakan Baking Soda

Baking soda telah lama digunakan sebagai bahan alami untuk memutihkan gigi. Baking soda bekerja dengan cara menghilangkan noda pada gigi dan membantu mencerahkan warna alami gigi. Caranya, campurkan setengah sendok teh baking soda dengan sedikit air hingga menjadi pasta dan gosokkan pada gigi dengan lembut selama beberapa menit sebelum dibilas. Lakukan ini hanya beberapa kali dalam seminggu untuk hasil yang optimal.

2. Menggunakan Minyak Kelapa

Minyak kelapa memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu mengurangi plak dan peradangan di mulut, yang juga dapat menyebabkan perubahan warna pada gigi. Guna memanfaatkannya sebagai pemutih gigi alami, cukup ambil satu sendok teh minyak kelapa dan berkumurlah selama 10-15 menit setiap hari sebelum sikat gigi biasa Anda. Minyak kelapa juga dapat memberikan manfaat tambahan bagi kesehatan gusi Anda.

3. Menggunakan Kulit Jeruk

Kulit jeruk mengandung senyawa seperti d-limonene yang memiliki sifat pemutih alami dan dapat membantu menghilangkan noda pada gigi. Ambil sedikit kulit jeruk segar (pastikan tidak terlalu tebal karena dapat merusak email), usapkan bagian dalamnya langsung ke gigi selama beberapa menit, lalu bilas mulut dengan air hangat. Lakukan ini secara teratur untuk hasil yang lebih baik.

4. Menghindari Makanan dan Minuman Berwarna

Mengurangi konsumsi makanan dan minuman berwarna adalah langkah penting dalam mempertahankan gigi yang putih. Teh, kopi, anggur merah, cokelat, dan minuman bersoda dapat meningkatkan risiko perubahan warna pada gigi. Jika Anda mengonsumsinya, segeralah berkumur atau sikat gigi setelahnya untuk mengurangi efek negatifnya.

5. Rutin Membersihkan Gigi

Membersihkan gigi secara teratur dengan menyikat menggunakan pasta gigi yang mengandung bahan pemutih juga dapat membantu mempertahankan keputihan gigi. Selain itu, jangan lupa untuk menggunakan benang gigi setidaknya sekali sehari guna membersihkan sela-sela gigi yang sulit dijangkau oleh sikat gigi.

Dengan mengikuti cara-cara di atas secara teratur dan menjaga kebersihan mulut secara umum, Anda dapat memperoleh hasil yang lebih cerah dan putih alami pada gigi Anda. Namun, jika Anda memiliki masalah keputihan yang serius atau ingin hasil lebih cepat dan signifikan, konsultasikanlah dengan dokter gigi untuk mendapatkan saran lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *