Kecantikan

Cara Membuat Masker Beras

40
×

Cara Membuat Masker Beras

Share this article

Cara Membuat Masker Beras

Masker beras telah lama digunakan sebagai perawatan kecantikan alami. Khasiatnya yang terkenal dapat mencerahkan kulit dan mengatasi berbagai masalah kulit membuatnya menjadi pilihan populer bagi banyak orang. Apakah Anda ingin mencoba membuat masker beras sendiri di rumah? Berikut adalah panduan lengkap cara membuat masker beras dengan menggunakan bahan-bahan alami.

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

Sebelum kita mulai, pastikan Anda memiliki semua bahan-bahan berikut:

  • Beras organik – 2 sendok makan
  • Air – secukupnya
  • Madu organik – 1 sendok makan
  • Yogurt alami – 1 sendok makan

Langkah-Langkah Pembuatan Masker Beras

Langkah 1: Rendam Beras dalam Air

Pertama-tama, rendam beras organik dalam air selama sekitar satu jam. Hal ini akan membantu melunakkan beras dan memudahkan proses penghalusannya nanti.

Langkah 2: Haluskan Beras dengan Blender atau Tumbuk Manual

Setelah beras direndam, tiriskan airnya dan haluskan beras menggunakan blender atau tumbuk manual hingga menjadi bubur halus. Pastikan tidak ada gumpalan sisa sehingga teksturnya menjadi lembut dan mudah diaplikasikan pada kulit.

Langkah 3: Tambahkan Madu dan Yogurt

Selanjutnya, tambahkan madu organik dan yogurt alami ke dalam bubur beras yang sudah halus. Madu memiliki sifat antibakteri dan melembapkan kulit, sedangkan yogurt mengandung asam laktat yang membantu mengangkat sel-sel kulit mati. Campur semua bahan dengan baik hingga merata.

Langkah 4: Aplikasikan Masker Beras pada Kulit Wajah

Sekarang saatnya untuk menggunakan masker beras yang sudah jadi! Aplikasikan secara merata ke seluruh wajah Anda, hindari daerah mata dan bibir. Biarkan masker bekerja selama sekitar 15-20 menit atau sampai mengering. Selama menunggu, nikmatilah sensasi menyegarkan yang diberikan oleh masker ini.

Langkah 5: Bilas dengan Air Hangat dan Keringkan

Setelah masker mengering, bilas wajah Anda dengan air hangat untuk menghilangkan masker secara menyeluruh. Kemudian keringkan wajah dengan lembut menggunakan handuk bersih atau tissue wajah.

Manfaat Masker Beras

Menggunakan masker beras secara teratur dapat memberikan manfaat berikut bagi kulit Anda:

  • Mencerahkan kulit wajah
  • Mengurangi noda dan bekas jerawat
  • Mengontrol minyak berlebih pada wajah
  • Melembapkan kulit kering
  • Menghaluskan tekstur kulit

Dengan menggunakan masker beras yang dibuat sendiri, Anda dapat merasakan manfaat alami ini tanpa khawatir akan bahan kimia yang mungkin terkandung dalam produk komersial. Selain itu, proses pembuatannya pun cukup sederhana dan bisa dilakukan di rumah.

Jadi, jangan ragu untuk mencoba cara membuat masker beras ini dan nikmati manfaatnya untuk kulit wajah Anda!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *